Legal Smart Channel - Gaya Hidup Cerdas Hukum



lsc.bphn.go.id - Jakarta. Kepala Bidang Pembudayaan Hukum Pusat Penyuluhan dan Bantuan Hukum Badan Pembinaan Hukum Nasional Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Gunawan,SH,MH, menjadi narasumber dalam kegiatan pembinaan kelompok Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) di Kelurahan Bungur  Jakarta Pusat, 11/4/2019 , kegiatan pembinaan kelompok kadarkum ini dilaksanakan dengan harapan meningkatkan peran serta masyarakat dalam peningkatan kesadaran hukum.
Kegiatan ini dihadiri Rodiah dari Biro Hukum Pemprov DKI, Rohadi dari Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Prov DKI Jakarta, Aruwanto Lurah Bungur Jakarta Pusat, serta tokoh masyarakat dan warga sekitar.
Dalam paparannya dijelaskan  mengenai mekanisme pembentukan desa/kelurahan sadar hukum terkait dengan dikeluarkannya surat edaran Kepala BPHN Nomor PHN-05.HN.04.04 Tahun 2017 yang mencakup : Dimensi Akses Informasi Hukum, Akses Implementasi Hukum, Akses Keadilan dan Akses Dimensi Regulasi. Dimana ditekankan Gunawan," dasar 4 dimensi dalam Kriteria Penilaian Desa/Kelurahan Sadar Hukum tersebut ialah adanya Kelompok KADARKUM dalam suatu wilayah/lingkungan yang merupakan cerminan kelompok yang menjadi contoh terhadap lingkungan sekitar dalam perwujudan masyarakat yang tahu, paham dan mengimpelemtasikan dalam sikap dan perbuatan sadar hukum."