Legal Smart Channel - Gaya Hidup Cerdas Hukum



lsc.bphn.go.id - Jakarta. Dalam rangka kegiatan penyuluhan hukum serentak yang bertujuan untuk memberikan informasi hukum kepada masyarakat, BPHN melalui pusat penyuluhan dan bantuan hukum hari ini melaksanakan penyuluhan hukum serentak di 15 titik wilayah di DKI Jakarta, salah satunya yang bertempat di kantor Persatuan Wanita Republik Indonesi (PERWARI). (26/3)

Adapun Penyuluh hukum yang bertugas di PERWARI ialah Bapak Sumarno, S.H., M. H., Ibu Nila Manilawati, S.H., M.H, dan Ibu Asiyah Budiarti, S.H.
Ketiganya merupakan tenaga fungsional penyuluh hukum yang kemudian secara langsung memberikan sosialisasi kepada anggota organisasi Persatuan Wanita Republik Indonesia (PERWARI) terkait dengan pentingnya UU perlindungan anak dan UU sistem peradilan pidana anak.

Sosialisasi ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan hukum kepada para ibu-ibu selaku anggota organisasi sekaligus sebagai pendidik pertama dan utama generasi masa depan bangsa.

"Anak sebagai tunas, potensi, dan generasi muda penerus cita-cita perjuangan bangsa memiliki peran strategis, ciri dan sifat khusus yg wajib untuk dilindungi", ungkap Ibu Nila Manilawati, JFT Penyuluh Hukum.

Adapun urgensi digagasnya kegiatan penyuluhan hukum dan pemilihan tema ‘Restorative Justice’ ialah dikarenakan banyaknya kasus kejahatan yang melibatkan anak mulai dari pelecehan sampai kekerasan terhadap anak, bahkan marak pula berbagai jenis kejahatan yang melibatkan anak baik sebagai korban dan anak sebagai pelaku.

"Peranan keluarga menjadi sangat penting untuk menjadi simpul dan menghasilkan generasi muda yang tidak bersentuhan dengan hukum", ungkap Bapak Sumarno selaku penyuluh hukum.

Untuk itu BPHN melalui kegiatan penyuluhan hukum ini tentunya mengharapkan jika semakin banyak orang termasuk keluarga terutama orang tua dapat paham terhadap hukum, maka semakin banyak orang yang sadar dan paham tentang sistem peradilan pada anak. Selain itu juga melakukan hal-hal preventif yang dimulai dari keluarga sampai ke lingkungan sekitar.