Legal Smart Channel - Gaya Hidup Cerdas Hukum



Lsc.bphn.go.id – Jakarta. Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Enny Nurbaningsih dengan resmi membuka FGD Uji Kompetensi Penyuluh Hukum yang dilaksanakan pada hari Selasa 20 Desember 2016 di Gedung BPHN Lantai 4. Turut hadir Kepala Pusat Penyuluhan dan Bantuan Hukum Audy Murfi, dan dari Biro Kepegawaian Sekretariat Jendral kemenkumham Muslim Alibar.

FGD kali ini membahas uji kompetensi bagi penyuluh hukum yang akan segera diterapkan bagi para penyuluh hukum. Uji kompetensi adalah sebuah keharusan bagi jabatan fungsional terlebih fungsional penyuluh hukum yang dapat dirasakan langsung dampak keberadaannya. Jadi tidak mengherankan jika uji kompetensi juga diterapkan bagi para penyuluh hukum.

Pada kesempatan ini Kepala BPHN mengatakan “Uji kompetensi ini jangan dianggap sebagai momok yang menakutkan. Mari kita jadikan uji kompetensi ini sebagai tolak ukur bagi penyuluh yang hendak naik tingkat.” Selain itu Kepala Pusluhbankum juga menekankan “Standar uji kompetensi ini akan kami buat dalam peraturan menteri hukum dan ham, untuk itu ayo kita tingkatkan skill kemampuan kita dalam menunjang penyuluhan yang lebih profesional lagi.”

Kedepannya dengan penerapan standar uji kompetensi bagi penyuluh hukum benar-benar dapat meningkatkan kualitas penyuluh hukum dewasa ini dimana dengan perkembangan teknologi yang massif dimana orang-orang dengan mudah memperoleh informasi yang diinginkannya. Untuk itu jangan sampai penyuluh hukum ketinggalan dengan perubahan yang ada. Penyuluh Hukum kedepannya harus benar-benar dapat dirasakan secara langsung keberadaannya. (RSH)