Legal Smart Channel - Gaya Hidup Cerdas Hukum



 

lsc.bphn.go.id – Jakarta. Dalam rangka pengembangan strategi penyuluhan hukum di era milenial, Pusat Penyuluhan dan Bantuan Hukum melakukan konsultasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam hal ini Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika yang langsung diterima oleh Prof. Dr. Ahmad M. Ramli, SH, MH, FCBARB selaku Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (23/01).

Hadir dalam kesempatan tersebut, M. Ramdan, Kepala Bidang Penyuluhan Hukum, Gunawan Kepala Bidang Pembudayaan, Rachmat Kepala Sub Bidang Pengembangan, Teguh Ariyadi perwakilan Jabatan Fungsional Penyuluh Hukum dan Widi Pelaksana di Bidang Pembudayaan.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya menyampaikan bahwa pola komunikasi sudah sangat berubah dibandingkan saat dirinya menjabat Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional, oleh karena itu Strategi Penyuluhan Hukum juga perlu mengikuti perkembangan zaman. Radio dan TV memang bisa dikatakan arus utama dalam penyebarluasan informasi, namun saat ini kita perlu menggali potensi-potensi lain. “Radio ataupun TV Streaming saat ini bisa menjadi salah satu pilihan, karena target audiens yang disasar lebih luas dan dapat diakses dari mana saja,” jelas Ahmad Ramli. Dari segi pembiayaan tentu saja tidak sebesar jika kita bekerjama dengan stasiun TV maupun radio, tambahnya.

Tidak hanya itu, para penyuluh hukum perlu lebih kreatif dalam mengemas kontennya. “Harus jeli dalam dalam memilih tema dan kalau perlu libatkan tokoh atau public figure dalam konten tersebut,” tambahnya. Serta tidak perlu durasi yang panjang, konten film berdurasi 1 menit pun bisa viral jika tema menarik dan sesuai dengan kondisi saat ini. “Film Pendek yang diperankan oleh pak Gunawan tadi juga sangat menarik, lugas dan straight to the point dengan pesan yang ingin disampaikan kepada masyarakat,“ ungkapnya setelah melihat salah satu konten penyuluhan hukum kreasi Tim BPHNTV.

Dalam kesempatan tersebut, Ramdan menyampaikan beberapa gagasan-gagasan pengembangan dalam melakukan kegiatan penyuluhan hukum, seperti podcast penyuluhan hukum yang disebarluaskan melalui aplikasi Legal Smart Channel dan juga media lainnya seperti spotify, itunes, podcaster dan media lainnya. Hal tersebut disambut dengan baik oleh Ahmad Ramli, konten podcast saat ini sedang digandrungi oleh para milenial, silakan dicoba dan dieksplor, tegasnya.

Ahmad Ramli menyampaikan bahwa, di era milenial saat ini, banyak konten yang bisa dicoba dalam rangka melakukan penyebarluasan informasi hukum, mulai dari Podcast Penyuluhan Hukum, Vlog Penyuluhan Hukum, Dongeng maupun Stand Up Comedy Penyuluhan dan masih banyak lagi, “ jelas Ahmad Ramli. Media pun beragam, tergantung segmentasi audiens, youtube, spotifiy, twitter, serta Instagram bisa menjadi salah satu media alternative dalam melakukan Penyuluhan Hukum saat ini, ungkapnya. "Saya tunggu inovasi berikutnya dari rekan-rekan Pusat Penyuluhan dan Bantuan Hukum, ungkapnya menutup sesi konsultasi sore itu. ***(RA)