Legal Smart Channel - Gaya Hidup Cerdas Hukum

  • 13 Februari 2019

    Roy

    halo, saya ingin bertanya.. apabila sebuah institusi sudah memberikan asuransi swasta kepada karyawannya sejak sebelum kewajiban BPJS terbit, institusi itu setau saya tetap harus membayar BPJS tersebut karena sifatnya wajib. pertanyaan saya, apakah boleh apabila perusahaan memutuskan untuk menghentikan asuransi swasta yang telah diberikan itu dengan alasan sudah diganti dengan membayar BPJS ?

  • 14 Februari 2019

    Aldry Perdana

    Apakah konsekuensi Hukum bagi Direksi anak Perusahaan BUMN yang ketika Masa Jabatannya telah habis, namun belum diadakan RUPS tentang Pengangkatan Kembali atau diangkatnya Direksi yg baru, tetapi Direksi tersebut masih menjalankan tugas dan wewenangnya, lalu apakah anak perusahaan BUMN termasuk perusahaan BUMN?

  • 9 April 2019

    Theo

    Maaf ingin bertanya jika case seperti ini Kasus : Dulu pada tahun 2010 ayah saya ketahuan selingkuh dengan perempuan lain. Kemudian ketahuannya pas sudah melahirkan 1 anak cewek hasil dari perselingkuhan tersebut. Setelah berjalan waktu demi waktu anak tersebut dititipkan ke ibu saya, ayah saya mengatakan dia akan mengambil anak pertama ini dan ingin melepaskan selingkuhannya, tetapi setelah jalan 1 tahun malah tambah 1 orang anak lagi, ayah saya meminta ibu saya agar menandatangi surat pernikahan dari vihara dengan syarat akan pembagian anak, kemudian ibu saya dengan berat hati ttd surat tersebut karena ingin ayah saya kembali ke keluarga kami. Sehingga sekarang anak pertama tersebut sudah berumur 6 tahun bersama kami dan di asuh oleh ibu saya. Akan tetapi bulan lalu anak pertama tersebut di rebut dan dibawa ke rumah selingkuhannya, ayah saya pun sekarang sudah jarang pulang ke rumah. Ayah saya menginap dirumah selingkuhannya dan meninggalkan kami sudah kurang lebih 2 tahun. Yang ingin saya tanyakan kepada para Professional Lawyer adalah : 1. Apa yang harus dilakukan? Apakah bawa ke jalur hukum? Jika iya, apakah kami akan menang di jalur hukum? 2. Apakah anak pertama itu bisa dibalikkin ke kami lagi? 3. Apakah selingkuhan tersebut termasuk pelakor? Jika iya apakah ada hukum tentang tersebut? Mohon pencerahannya. Terimakasih.

  • 30 Januari 2019

    ajay

    saya mau bertanya, apakah kebebasan mengemukakan pendapat di muka umum termasuk boleh mengkritik pemerintah? apakah Indonesia sudah menganut paham freedom of speech ?

  • 26 Maret 2019

    chalid

    kakak sy bbrpa thn lalu kecelakaan yg berakibat lumpuh pd kakinya, menjalani pengobatan bbrpa kali dgn Dokter ahli ortopedi di Solo, sedang domisili kakak sy di Cirebon, belakangan kakak sy sudah jarang mendatangi Dokter tsb, hanya diberi resep oleh Dokter nya itu utk dikonsumsi tanpa memeriksa langsung keadaan pasien. seminggu yg lalu Dokter itu meresepkan obat yg menurut Dokter & apoteker di Cirebon adlh jenis obat keras, sehari setelah konsumsi obat tsb kakak sy muntah darah byk sekali, dibawa ke rmh sakit terdekat, sehari dlm perawatan kakak sy meninggal, almarhum adlh tulang punggung keluarga. pihak RS setempat mengatakan pencernaannya pecah sehingga pendarahannya sulit dihentikan mungkin akibat (keracunan) obat. yg ingin kami tanyakan: 1.apakah ini termasuk malpraktek? 2.apakah kami dpt mengambil langkah hukum kpd Dokter tsb? setidaknya ada penggantian dari kerugian yg diderita keluarga? 3.apa yg harus kami lakukan?

  • 3 April 2019

    mumuy

    bagai mana cara ngecek sk pulang CB

  • 8 Maret 2019

    Dian Opitiana

    kenapa ilmu perundang undangan dalam negara hukum menjadi penting?

  • 3 April 2019

    rahmat hidayat

    YTH Pengasuh rubik konsultasi-hukum.com. Dulu saya ada menjalankan bisnis jual beli karet, dan saya ada meminjam uang kpd abg ipar saya utk menutupi kekurangan modal sebesar Rp40 juta, dengan perjanjian lisan bahwa saya akan memberi keuntungan Rp4juta kpd abg ipar saya setiap bulan nya, diluar dari uang yg saya pinjam td. 3 bulan pertama bisnis saya berjalan lancar n saya bisa menyetor keuntungan Rp 4 juta tiap bulannya, Masuk bulan ke 4 bisnis saya mengalami kerugian hingga saya bangkrut n tdk bisa utk membayar hutang kpd abg ipar saya. Saya uda cicil hutang saya sbesar Rp5juta, tp karna kondisi keuangan saya juga sulit, saya akhirnya bicarakan lg dgn cara kekeluargaan dgn abg saya bahwa saya cuma sanggup cicil Rp2juta perbulan nya, tp itu justru yg membuat abg ipar saya marah n mengatatan kalau dia akan melaporkan saya kepolisi.. Pertanyaan saya, apakah kasus saya ini masuk dlm pidana atau perdata...?? Mohon pencerahan nya.. Sesudhnya saya ucapkan trima kasih..

  • 30 Januari 2019

    febriana

    saya febriana. disini sy selaku ketua arisan online. dikarenakan saya terjebak pinjaman online maka saya menggunakan uang arisan untuk membayar pinjol tsb. intinya saya menggunakan uang arisan untuk keperluan pribadi sy. disini saya telah mengakui semua kesalahan sy di grup arisan sy. ada member yg mau mengerti dan menerima sy kembalikan uang secara dicicil dan ada pula yg tdk mau menunggu. mereka tetap mau mendapatkan keuntungan dr arisan menurun ini. sementara di peraturan dan penjelasan grup arisan sy jelas jika grup kolaps dgn alasan apa pun minimal modal member kembali 50\% tp sy mengusahakan kembali modal kembali 100\% tidak termasuk uang admin karena uang admin bkn untuk saya selaku owner tp untuk 1 orang admin yg skrg dia kabur lepas tanggung jawab selaku admin. ada beberapa yg tdk setuju dengan pengembalian modal saja sehingga mereka akan melaporkan sy ke polisi. apa kah kasus sy ini termasuk pidana atau perdata? sementara ada yg sampai datang kerumah menyita barang2 sy untuk mengganti uang mreka yg msh tertahan di sy. kurang lebihnya spt ini.

  • 31 Maret 2019

    P Advent Christian S P

    1. Apa yang dimaksud Sidang Yustisi Pelanggaran Bangunan? 2. Apakah ketika Sidang Yustisi dilaksanakan, Sanksi PemBongkaran Bangunan Melanggar Terhapuskan? 3. Apakah yang terjadi dan Apakah Sanksi yang berikan kepada oknum, ketika Sidang Yustisi pelanggaran bangunan, membuat Sanksi Pembongkaran BangunAn terhapuskan ?