Legal Smart Channel - Gaya Hidup Cerdas Hukum

  • Yeni

    Selamat pagi, Hampir 4 th yang lalu suami saya membeli tanah beserta bangunan dengan luas tanah 200 m2 dari bapak Sugeng dengan perjanjian seharga 425 juta, terima sertifikas atas nama suami. Dengan pembayaran pertama dilakukan suami di bank bri karena sertifikan sebelumnya dijadikan jaminan hutang. Pelunasan pembayara 50 jt akan dibarayatkan saat seetifikat sudah jadi atas nama suami. Berjalannya waktu hampir 1 tahun proser balik nama sertifilat belum juga selesai. Ditengah perjalanan suami menjual sebagian tanah itu seluas 100 m2. 1 tahun kemuadian saat suami menanyakan kelanjutan proses sertikat tanah ternyata seftikit tersebut diblokir oleh seseorang. Akhirnya terbongkarlah bahwa sertifikat itu merupakan tanah waris yg masih disengketakan, dan sebelumnya ada pemalusan beberapa dokumen. Sebelum ditawarkan ke suami ternyata tanah tersebut juga telah ditawarkan kepada seseorang dengan bukti pembayaran uang 5 jt sebagai tanda jadi. Tapi pak Sugeng pemilik tanah tidak pernah lagi memberikan kabar. Sehingga yg berangkutan tahu bahwa tanah tersebut dijual kepada suami saya dan meminta ganti rugi yang sebelumnya beliau memblokir proses balik nama sertifikat tersebut. Setelah disepakati ganti rugi kepada orang tersebut. Masalah belum juga selesai. Ahli waris yg lain yaitu keponakan pak Sugeng menuntut haknya juga. Akhirnya diajukan kenaikan harga. Suami saya harus menambah lagi uang 100juta. Dan yang membeli tanah satunya juga harus nambah 25 jt. Akhirnya proses surat turun waris dan semua dokumen yg diperlukan diselesaikan sehingga pecah serfifikat sudah selesai. Suami juga juga verifikasi pajak dan sudah membayar. Tapi saat notaris mau mengajukan sertifakat untuk balik nama sama pak sugeng ditahan. Pak sugeng minta keuntungan saat suami saya menjual tanah yang 100 m2. Suami saya merasa dipermainkan dan ingin menempuh jalur hukum. Apakah kami memiliki kekuatan hukum untuk menuntut pak Sugeng? Mohon jawabannya. Terima kasih.

  • Jojo

    Selamat malam, Apakah ada alternatif lain utk pembuatan JC.? Krna setelah dicoba diajukan ke kejaksaan dan pihak kejaksaan sudah tdk terima pembuatan JC sedangkan lewat kepolisian BNN,pihak terkait pun tidak mengeluarkan JC,ini menjadi kendala bagi kami WBP yg ingin mendapatkan hak kami.. pdhl kami sudah kooperatif.. terima kasih..

  • Fitri

    Perkenalkan saya fitri.. Saya mengikuti sebuah arisan dan d arisan trsebut ada sistim pinjam meminjam .. selama per10 hari itu jika tidak bisa mmbayar uang berikut bunga nya maka mmber wajib mmbayar bunga atau perpanjangan sbesar 225rb jika meminjam 1 juta itu bunga per10 hari.. lalu saya mnghilang selama 2 minggu krena hp saya rusak dan saya tidak lagi usaha .. tp saya aneh knapa hutang saya bisa sampe 18 juta sedangkan uang yg saya terima tidak sampai k 8 jutaan .. akhir nya ada ksepakatan saya harus mmbayar 60rb/hari dan saya lakukan sampai hari ini uang udh masuk sekitar 810rb.n.. tp saya masih ada ancaman ini itu dr s owner nya dan mau bawa2 barang d rumah saya mngancam rumah tangga saya akan d hancurkan bahkan akan mmenjarakan saya karena ini termasuk pnggelapan dana .. apa ini termasuk pnggelapan dana dan bagaimana dngan ancaman2 dr sang owner smua bukti pngancaman ada bahkan dia sudah bilang kalau saya sudah jadi tahanan kota d grup besar arisam tersebut..

  • taupik reprlita

    dl orng tua sy membeli tanah dan di buat kan sertifikat tp pd sertifikat itu di tulis Padlan Hamid padahal nama sesuai ktp/kk dan data lain Padlan Noor..nama Hamid di belakang tsb adlh nama orng tua Padlan.pertanyaan sy apakh bisa nama.pd sertifikat tsb di rubah jd Padlan Noor sesuai data Ktp/Kk serta data penunjqng lainnya.mhn penjelasan nya teruma kasih.

  • herlambang

    Hiii min saya desainer di penerbit buku, ada beberapa buku referensi yang mengharuskan menggunakan logo/trademark karena sifatnya buku referensi yang harus memvisualisasikan gambar agar pembaca mengetahui apa yang dibahas dibuku tsb. contoh menggunakan logo youtube, google, autocad, adobe dll. Nah yang ingin saya tanyakan bolehkah saya mengkombinasi gambar lain dengan logo/trademark tsb untuk desain covernya ?

  • Alfi zuri

    Selamat malam pak Saya alfi dari medan sumatra utara. Saya mengikuti arisan online di teman saya yg saya kenal di ig . Saya sudah mengikuti -+ 3x. Awal nya biasa aja sampai saya percaya dan mengikuti nya terus menerus. Dan sudah beberapa minggu ini arisan yg dia pegang dan saya selaku member arisan ini bermasalah. Dari uang arisan yg lama di transfernya, padahal semua member sudah bayar bahkan sampai ada beberapa member yg sudah bayar sampai beberapa nomor. Awal nya baik baik aja lancar. Tapi setelah nomor arisan saya dan giliran saya yg akan menerima uang arisan tersebut, dia berbagai macam alasan dan saya menunggu kabar dari dia tapi dia tidak respon selaku admin, . Sesudah saya terima hak saya dan no di bawah saya juga terima hak nya. Arisan kami semakin bermasalah karna si admin nya. Dan dia bilang bubarkan saja arisan nya dan yg sudah terima uang arisan nya harus di kembalikan lagi. Itu bagaimana pak/ibu . Dan saya beserta member lain nya ingin melaporkan si admin selaku pemegang arisan

  • abizar

    maaf mau tanya.. Istri saya bandar arisan online tapi arisan tersebut colaps karena para member tidak dapat membayar iuran lagi disebabkan kasus Corona ini. saya mau bertanya apakah istri saya bisa dituntut dengan pasal penipuan? apakah bandar boleh memberikan identitas ( fto ktp) member yang sudah dapat ke member yang belum dapat arisan? dan apabila member yang belum dapat arisan menagih ke member yang sudah dapat arisan dengan kasar dan mengakibatkan member yang sudah get jadi tidak mau membayar lagi apakah itu masih termasuk tanggung jawab bandar?

  • Nelli

    Kak, kan saya owner arisan Banyak member yg sudsh kabur dan saya sudah ngga bisa meneruskan arisan. Trus saya sanggup mengganti uang dengan dicicil tp ada yg kurang terima.. Atau saya mengembalikan uang yg sudah masuk ajaaa. Kalau begitu apakah saya sepenuhnya salah atau gmna kak.. Tolong solusinya

  • Martin

    Saya ingin bertanya tentang jalur pengurusan JC mohon maaf sebelumnya saya orang awam yg tidak mengerti jalur hukum dari pihak Lapas tempat adek saya di bina menyarankan ada 2 cara mengurus JC melalui penyidik dan jaksa 2 cara tersebut sudah saya berulang kali coba namun selalu gagal mohon untuk bimbingannya agar saya mendapatkan jalan keluarnya

  • Budi

    Assalamu'alaikum wr.wb Selamat malam bu saya mau bertanya Saya mengendarai mobil melewati persimpangan 3 tanpa adanya lampu merah/ lampu lalulintas , saya berada dijalan simpang 3 yang tegak lurus tiba - tiba ada mobil yang menyerobot dari simpang bagian kiri saya sehingga saya tidak sempat menginjak rem, sehingga terjadi tabrakan. Dan si penyerobot bilang saya harus mengganti kendarannya yang lecet karna dia bilang di yang duluan nyampe di tengah jalan. Yang mau tanya bagaimana aturan kalau berada di persimpangan tanpa ada lampu merah/lampu pengatur lalulintas