Legal Smart Channel - Gaya Hidup Cerdas Hukum



  • Jumlah Konsultasi Hukum: 2,954
  • Ferry

    Teman kantor saya melakukan penggelapan dana konsumen yg seharusnya di setorkan ke perusahaan. Pelaku dituntut dengan pidana penggelapan. Yg mau saya tanyakan, jika pelaku sudah menjalani hukuman nya sesuai vonis hakim, apakah dia harus tetap mengganti/mengembalikan dana yg pelaku gelapkan? Atau apakah dana yg di gelapkan dihapuskan karena pelaku sudah menjalani hukuman nya? Terima kasih.

  • Andre nova

    Apa yang harus dilakukan suami setelah ditinggal pergi istri lebih dari 2 tahun, Suami sudah meminta berdamai dan mengajak istri untuk kembali namun istri tidak mau,dan istri ingin minta cerai ,Namun setelah itu istri tidak kunjung menceraikan suami

  • Indra

    Maaf saya mau tanya. Saya pernah nikah adat dan saya membeli rumah untuk istri saya. Dan sekarang kami sudah pisah. Lalu sekarang dia mau menjual tanah tersebut tetapi tidak bisa karna di kartu keluarga tertulis menikah secara adat dan memiliki anak.

  • HRD STAFF

    Saya ingin bertanya di waktu covid ini di perusahaan saya banyak lembur di gantikan dengan hari libur di waktu jam kerja biasa (Senin - Jumat) dengan tetap mengikuti waktu perkalian lembur (sesuai jam), apakah hal ini boleh di terapkan ? dan Bagaimana hukumnya ?

  • D surya

    Hallo min, izin bertanya Saya mendapat Pesan ber hari-haru bahkan hampir sebulan melalui WA dan SMS Chat tersebut berisi foto2 tidak senonoh orang , fitnahan bahkan amcaman Saya berniat melaporkannya ke pihak berwajib ( polisi) sy rasa ini orang yg sama yg dulu pernah mengganggu sy, Sy hanya ingin tahu siapa pemilih nomor hp yg meneror sy Apakah bisa sy laporkan hal ini ke pihak yg berwajib? Apa bukti yg harus sy serahkan ?

  • Kusnawan

    Pukul 17.00 wib. 18-02-2021. Ada yang menelepon saya,mengaku cs kredivo. Meminta nik dan nope saya. Karena saya tidak tahu kalau itu cs gadungan. Maka saya berikan. Setelah saya sadar. Saya telpon cs resmi. Meminta untuk membekukan akun saya secara permanen. Tp cs bilang akun saya memang sedang di bekukan sementara. Karena memang ada tunggakan. Pukul 19.30 akun kredivo saya di buka di hp lain. Saya coba ganti pin. Tp tidak bisa. Mungkin karena sinyal buruk.Malam hari ada yg bayar tungakan saya. Lalu di belanjakan saldo saya dr 20jt habis. 19-02-2021 Pagi hari nya saya telpon cs resmi. Untuk meminta dibatalkan semua transaksi itu. Tp kata cs,mereka tidak bisa karena mereka hanya alat bayar. Lalu saya putuskan utk menelpon semua tempat pelaku belanja. Memohon untuk di batalkan. Ada 3 transaksi yg berhasil di batalkan. Dan sisa hutang 6,4jt. Dg tagihan 850.000/bulan. Saya tidak mau bayar. Karena akun saya di retas. Tp pihak kredivo memaksa saya untuk bayar. Dg alasan saya sudah memberikan hal yg sangat rahasia. Pdhal saya tidak tahu kalau itu cs gadungan. Kalau saya tahu. Saya juga tidak akan berikan nomor hp daj nik. Yang saya kecewa kenapa kredivo tidak membantu saya. Untuk membatalkan semua transaksi tersebut. Padahal kalau kredivo membantu saya. Pasti ceritanya akan lain. Apakah konsumen pinjol itu tidak di jamin keamanannya. Sekarang saya di telponin terus suruh bayar. Apakah karena kredivo akan memaksa debiturnya untuk bayar tanpa alasan. Makanya kasus saya dibiarkan. Karena setelah saya searching. Banyak kasus seperti saya. Baik itu di PS atau di media online lainnya. Ada yg merasa akunnya akan di retas. Minta tolong untuk di bekukan akunnya. Tidak bisa. Lalu pas kecoongan di paksa bayar. Saya juga sudah koperatif. Dr tgl 18 sebelum kejadian. Sampai tgl 19 pagi. Setelah kejadian. Transaksi itu tengah malam. Dan berulang. Seharusnya otomatis terkunci. Karena ada transaksi yg mencurigakan. Dan kode otp tidak saya berikan..Sekarang tagihannya sudah 1.840.000. Semula 850.00.Padahal baru telat 3 hari. Karena japo 21 maret 2021. Dan hari ini 24 maret 2021. Apa yang harus saya lakukan Saya sudah lapor ke polres 23-02-2021 Terimakasih.

  • Fenny

    Pada awal nya sy menikah resmi dgn mantan suami. Setelah itu sy cerai,itupun di atas segel 6000 persetujuan kedua belah pihak ajah..antara sy dan mantan suami. Mantan suami sy SDH menikah LG..dan dia bisa menikah secara resmi.. Sy pun SDH menikah LG. Sy menikah sirih ..bisa kah sy menikah resmi jg..spy pernikahan sy di akui negara.. Sementara srt cerai sy dgn beliau hnya persetujuan kedua belah pihak ajh yg bermaterai 6000. Bgtu jg dgn suami sy.. Bisakah sy menikah resmi ..jika srt cerai sy hnya prrsetujuan ke dua belah pihak yg bermaterai 6000. Mhn info nya terima kasih

  • ayu

    seseorang menggadaikan sertipikat tanah sebagai jaminan hutang. dan hutqng tidak di bayar bayar melebihi waktu yang di tentukqn

  • Eva

    Saya memiliki rumah di Lampung yang masih atas nama ibu saya, sebelumnya rumah tersebut memang di gadaikan ke bank namun karena ada keterlambatan bayar jadi sempat di kosongkan. Kemudian saudara saya ingin membeli rumah tersebut tapi belum di bayar juga sampai detik ini. Dan sertifikat rumah sudah di tebus oleh beliau di bank dengan cara dia meminjam uang pada org lain dan tanpa sepengetahuan dari pihak saya dan keluarga. Setelah beliau menebus sertifikat rumah ternyata sertifikat rumah saya di gadaikan oleh beliau kepada si peminjam uang tersebut sebagai jaminan. Dan ketika saya dan pihak keluarga tau dan maksud ingin menanyakan kejelasan dari rumah tersebut beliau justru marah marah dan meminta kami untuk memberikan jumlah uang yang sudah ia keluarkan untuk menebus sertifikat tersebut padahal sebelumnya beliau bilang ingin membeli rumah kami. Mohon di bantu informasinya dan nasehat nya..

  • Sofian

    Bagaimana keabasahan tanda tangan elektronik dalam surat dinas instansi pemerintah? Bagaimana jika tanda tangan elektronik di lakukan pada hari libur, dan kedudukan penandatangan bukan di kantor/luar kota?