Legal Smart Channel - Gaya Hidup Cerdas Hukum

  • prima bana

    selamat siang. berkaitan dengan kesejahtraaan hak guru honorer apakah ada ketentuan yang mengatur tentng guru honorer dan bagaimana menangani nasip guru honorer. terima kasih

  • Nofirman zai

    saya mau nya,misalnya jalan berlubang atau rusak salah seorang masyarakat celaka mungkin bagian dari organ tubuhnya patah (tulang) apakah ada tuntutan kepada pemerintah daerah maupun pemerintah pusat?

  • Fauzi

    Apakah karyawan dapat dikualifikasi /pengunduran diri secara sepihak oleh pengusaha selama proses tripartit berlangsung atau selamat menunggumu surat anjuran dari Disnaker karena tidak ada kesepakatan dalam mediasi ?

  • angela

    saya baru menikah lg 2 thn..ternyata dlm perjln menikah..saya br sadar kl suami saya tidak lebih seorang penipu..byk hal yang telah dia tipu ke saya dan menyebabkan kerugian besar finansial dlm pekaerjaan saya..yg jd pertanyaan saya..bisakah saya menutut suami saya dan memasukkan suami saya dgn kasus penipuan identitas..krn dia menikah saya dgn memakai ktp yg berstatus belum pernah menikah..dan bisakah saya juga menuntut mertua saya terlibat dalam penipuan identitas tsb..

  • Ansyella Tulangouw

    Selamat sore.. Saya mau konsultasi masalah pekerjaan.Saya krja di sebuah hotel di manado,dngan aturan 12 jam krja.Saya krja dsni sebagai receptionis dngan gaji 1 juta. Tapi ternyata pkerjaan saya bkan cma receptionis,melainkan rangkap semuanya hrus dilakukan.Bersih2,loundry,pembukuan,pokoknya smua harus di lakukan.. Saya dan kedua teman saya pun sabar,berharap suatu saat ada kenaikan gaji. Dan sudah lebih 4 tahun kita krja disni,dan gajinya hanya di naikan 300rbu. Lemburpun tidak prnah dibayar.Lembur 1 atau 2 jam pun buat kita tidak masalah.Kalau ada teman yang ngga masuk krja 1,2,3 hari bahkan 1 mnggu saya tdak pulang karena harus jaga hotel. Sudah prnah berbicara dngan bos untuk kenaikan gaji,tapi bnyak alasannya.

  • nuniek

    saya mempunyai ruko tapi blm dibuka karena lokasi ruko skrng belum rame. namun saya tetep dpt tagihan service charge dan listrik sekitar 2rts sebulan. dan tertunggak hingga 27jt. saya beli rukonya 50jt. saya sudah info ke manajemen ruko, bahwa utk stop biaya service dan listrik karena saya tdk buka toko. namun mereka tdk mau. saya bilang ruko saya serahkan ke manajemen.tapi mereka tidak mau. mohon sarannya.

  • yosef primus bana

    selamat malam. mohon bagikan ruu terbaru sebagai bahan pertimbangan membuat skripsi. terima kasih

  • Abdul

    Apakah anak dibawah 18 tahun yg menistakan agama bila dilaporkan akan dihukum penjara? Terima kasih

  • ayu

    kronologi nya begini, sy punya teman yg mengikuti arisan online. menurut tmn sy awalnya dia setor arisan lancar karna ada masalah financial akhirnya dia telat bayar namun dia sportif dn tanggung jawab untuk membayar arisan tersebut beserta kesepakatan dendanya, si owner mengancam "awas km kalo ngilang/yelat bayar" "get kamu aku tahan smpe km ga telat byr arisan lg" chat yg d perlihatkan antar tmn sy slaku member arisan dn owner. dan teman saya masih mau membayar dn teman sy msh menyimpan bkti transferan tersebut. bagaimana dlm menangani kasus sperti ini dan arisan tersebut tdk ada bdn hukum. sikap yg harus d lakukan bagaimana? terimakasih

  • Abi

    Saya ingin menanyakan kasus bapak sya sebut saja A .dia di dapok sebagai ketua arisan antar tetangga dengan menggunakan bunga ...tapi bukan bunga sepwrti rentenir..udah di hitung semua uang di bagikan secara adil pada semua anggota dan di iyakan dan pembagian lunas g aada masalh udah selsai 2 th lalu....tonggal menonggalkan orang orang yg berhutang dan orang yg beehutang di siruh bayar utang tapi g mau ...malah bikin keributan danencari cari gimama caranya g bauar utang dia buka lagi kasus arisan yang 2 th selsai di ituung ulang dengan mengginakan itungan rentenir dan akrnya bapaku katanya berhutang sekian juta...yang jadi pertanyaan apakah kalau bapaku g bayar kena uu atau g....karena dulu waktu arisan g ada perjanjian materai dan kalau g bolehkah kita melaporkan orang orang yang mencemarkan nama bail bapak saya