Legal Smart Channel - Gaya Hidup Cerdas Hukum



LSC-Jakarta. Senin pagi, Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional Prof. Dr. Enny Nurbaningsih, SH.,M.Hum didampingi para Kepala Pusat di lingkungan Badan Pembinaan Hukum Nasional serta beberapa pejabat yang mewakili tiap-tiap pusat menerima kunjungan dari Law Reform Officer of Thailand (LRCT). Tujuan dari kunjungan tersebut ialah untuk melakukan studi banding mengenai tugas dan fungsi serta program-program yang yang dilakukan Badan Pembinaan Hukum Nasional selama ini.
Dalam kesempatan tersebut masing-masing Kepala Pusat maupun yang mewakili di tiap-tiap pusat menyampaikan tugas dan fungsinya serta beberapa program yang sedang dijalankan. Salah satunya ialah Pusat Penyuluhan Hukum yang di wakili oleh Kepala Pusat Penyuluhan Hukum, Audi Murfi yang menjelaskan beberapa hal yang penting terkait dengan program kerja di Pusat penyuluhan Hukum.
Salah satunya ialah Implementasi Bantuan Hukum yang sudah berjalan semenjak di undangkan pada tahun 2011 lalu hingga saat ini. Berdasarkan pemaparan yang disampaikan bahwa, hingga saat ini program bantuan hukum sudah berjalan walaupun terasa masih ada beberapa kendala dalam pelaksanaannya.
Dirinya pun menyampaikan bahwa saat ini Pusat Penyuluhan Hukum sedang mengembangkan Aplikasi Online SID Bantuan Hukum yang tujuannya untuk mempermudah para pihak dalam hal ini, Organisasi Bantuan Hukum, Tim Pengawas Pusat serta Tim Pengawas Daerah dalam menjalankan aktivitasnya terkait dengan Program Bantuan Hukum.
Dirinya melanjutkan, bahwa dalam aplikasi tersebut ada beberapa fungsi yaitu untuk proses reimburtsment serta memudahkan dalam melakukan monitoring serta evaluasi, dan data ini real time. Selain itu juga, aktivitas OBH yang terakreditasi oleh Kementerian Hukum dan HAM juga bisa di pantau oleh masyarakat umum melalui website www.lsc.bphn.go.id, jelas, Kapusluh. ***(RA)