Legal Smart Channel - Gaya Hidup Cerdas Hukum



BPHNTV-Jakarta. Kamis pagi, Kepala Pusat Penyuluhan Hukum, Audy Murfi di dampingi Kepala Bidang Pengembangan Penyuluhan Hukum Kristomo menghadap Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H Laoly yang di dampingi oleh Sekretaris Jenderal, Bambang Rantam untuk mempersentasikan website Peta Akses Keadilan yang beralamat http://lsc.bphn.go.id/.


Dalam kesempatan tersebut Kapusluh menjelaskan bahwa website Peta Akses Keadilan ini tujuannya memudahkan bagi pencari keadilan untuk mendapatkan informasi seputar hukum. Dalam peta tersebut akan dimunculkan data sebaran dari Organisasi Bantuan Hukum yang telah terverifikasi oleh Kementerian Hukum dan HAM RI, Penyuluh Hukum, Kelompok Sadar Hukum, Desa Sadar Hukum, serta data sebaran rutan di seluruh Indonesia. Kapusluhkum pun melanjutkan, bahwa data tersebut data realtime yang akan selalu terupdate setiap menitnya.


Selain itu juga website tersebut memiliki fitur-fitur seperti BPHN TV, BPHN Radio, Konsultasi Hukum Online serta berita kegiatan Pusat Penyuluhan Hukum. Perlu di informasikan bahwa website ini bisa juga di akses melalui telepon genggam yang berbasis android, sehingga masyarakat bisa mengakses dimana saja dan kapan saja. Cukup hanya mendowload di Playstore, search “bphn legal smart”, kemudian akan muncul aplikasi tersebut yang sudah siap di download.


Website ini juga nantinya akan di gunakan oleh para calon Penyuluh Hukum untuk melakukan impassing dan Organisasi Bantuan Hukum serta Kantor Wilayah kemeterian Hukum dan HAM RI untuk melakukan proses reimburstment dana Bantuan Hukum. Semua bisa dilakukan secara online dimana saja dan kapan saja tanpa ada batasan.


Menurut pantauan tim korespondensi www.bphntv.bphn.go.id, Menteri Hukum dan HAM RI sangat antusias dengan adanya website tersebut. “Dengan Online seperti ini semuanya menjadi mudah,” ungkap Menkumham. Ada beberapa saran yang disampaikan untuk penyempurnaan website tersebut. Namun, saat ini website sudah bisa di akses dan di unduh melalui Playstore bagi telepon genggam yang berbasis android. ***(RA)