Legal Smart Channel - Gaya Hidup Cerdas Hukum



BPHN-Jakarta. Badan Pembinaan Hukum Nasional bekerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Hukum dan HAM RI mengadakan kegiatan Diklat Penyuluh Hukum Tahun Anggaran 2015. Diklat ini diselenggarakan untuk mencetak kader-kader penyuluh hukum di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM. Diklat Penyuluh Hukum yang diselenggarakan selama 21 hari ini terdiri dari dua gelombang yang masing-masing gelombang terdiri dari dari 30 peserta yang dan mewakili seluruh provinsi di Indonesia.

Dalam kegiatan diklat tersebut, disampaikan materi-materi yang terkait dengan kegiatan penyuluhan hukum serta praktek lapangan kegiatan penyuluhan hukum seperti Cerama Hukum Terpadu, Penyuluhan Hukum Keliling, Konsultasi Hukum serta pembuatan Modul Penyuluhan Hukum salah satunya pembuatan Film Pendek Penyuluhan Hukum.

Nus Gobay, salah satu peserta Diklat Penyuluh Hukum Gelombang I dari Kantor Wilayah kementerian Hukum dan HAM Papua, menyatakan sangat antusias dalam mengikuti kegiatan Diklat Penyuluh Hukum karena metode pembelajarannya selain penyampaian materi di dalam kelas, juga ada praktek lapangan sehingga kita bisa langsung mengimplementasikan materi-materi yang disampaikan.

Salah satu materi yang menarik bagi para peserta diklat ialah, pembuatan film pendek penyuluhan hukum. Materi yang disampaikan oleh C. Kristomo tersebut menjadi favorit karena para peserta langsung praktek dalam pembuatan skenario, sinopsis hingga langsung praktek dalam pembuatan film pendek penyuluhan hukum.

Gede salah satu peserta menyatakan bahwa ternyata bikin film pendek itu melelahkan namun juga mengasyikan. “Dengan bekal pembelajaran dalam diklat ini, nanti saya akan bikin film pendek penyuluhan hukum juga dengan rekan-rekan di kantor,” ungkap Gede.

Dengan adanya diklat penyuluh hukum ini, banyak para peserta diklat yang begitu antusias untuk menjadi tenaga Fungsional Penyuluh Hukum kelak. ***(RA)