Legal Smart Channel - Gaya Hidup Cerdas Hukum



lsc.bphn.go.id – Jakarta. Pusat Penyuluhan dan Bantuan Hukum (Pusluhbankum) melaksanakan kegiatan Ceramah Penyuluhan Hukum Terpadu dengan tema, “Membangun Budaya Hukum dalam Bingkaian NKRI” dan diselenggarakan di IPMI International Business School, Jakarta. (10/11). Dalam kegiatan Ceramah Penyuluhan Hukum Terpadu ini mengangkat dua materi yaitu “Membangun Budaya Hukum dalam Bingkaian NKRI” dan juga “Membangun Kesadaran Hukum Masyarakat Terhadap Kekayaan Intelektual”.

Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial,” merupakan tujuan dari NKRI, itulah yang ingin di sampaikan dalam seminar ini, ungkap Sumarno selaku penanggungjawab kegiatan ini.

Membangun budaya hukum masyarakat dapat berupa Kegiatan Penyuluhan Hukum langsung dan tidak langsung yang diawali dari pengetahuan hukum, pemahaman hukum sehingga membentuk sikap dan perilaku hukum serta menjadikan masyarkat cerdas hukum. Sikap Toleransi juga disampaikan dalam seminar ini dalam mewujudkan budaya hukum masyarakat serta pemberian kebebasan kepada sesama manusia atau kepada sesama warga masyarakat untuk menjalankan keyakinannya atau mengatur hidupnya dan menentukan nasibnya masing-masing, demi terciptanya ketertiban dan perdamaian dalam masyarakat.

Iva Shofiya, SH., M.Si. selaku penyuluh hukum BPHN juga menyampaikan materi tentang Membangun Kesadaran Hukum Masyarakat Terhadap Kekayaan Intelektual. Kekayaan intelektual merupakan hasil dari olah pikir yang menghasilkan suatu produk atau proses yang berguna bagi manusia dan kekayaan intelektual tersebut dinikmati secara ekonomis oleh manusia lainnya. Mencakup Hak Cipta, Paten, Merek, Indikasi Geografis, Desain Industri, Desain Tata Letak  Sirkuit Terpadu (DTLST) dan juga Rahasia Dagang.

 

Selain Ceramah Penyuluhan Hukum Terpadu, dalam kegiatan ini juga menghadirkan Mobil Penyuling (Penyuluhan Keliling) yang berfungsi untuk Konsultasi Hukum Gratis dan membagikan buku-buku hukum secara gratis.***(RA/SC)