Legal Smart Channel - Gaya Hidup Cerdas Hukum



Lsc.bphn.go.id – Jakarta. Pusat Penyuluhan dan Bantuan Hukum Badan Pembinaan Hukum Nasional Kementerian Hukum dan HAM kembali melaksanakan kegiatan pembuatan Film Pendek dan Dokumenter Penyuluhan Hukum. Kegiatan ini diselenggarakan di Cisarua Bogor Jawa Barat dari 15 Mei hingga 20 Mei 2017.

Tema yang diangkat dalam film pendek adalah mengenai budaya Hukum Dalam Ruang lingkup toleransi bermasyarakat, bernegara, dan beragama di Indonesia, selain itu untuk film dokumenter yang diangkat mengenai bantuan hukum. Tema-tema tersebut diambil karena saat ini isu tentang toleransi dan bantuan hukum memang sedang hangat-hangatnya dan masyarakat juga perlu disuguhkan tayangan yang dapat menggugah kesadaran mereka akan arti pentingnya hidup bertoleransi di negeri ini.

Kepala Pusat Penyuluhan dan Bantuan Hukum mengatakan bahwa “Film merupakan media komunikasi, Informasi dan Pendidikan yang menghubungkan gambaran masa lampau dengan saat ini sekaligus mencerdaskan bangsa karena memberikan nilai-nilai keberagaman terkandung didalamnya. Film juga mendiskripsikan watak, harkat, dan martabat budaya bangsa. Sekaligus sebagai memberikan manfaat dan fungsi yang luas bagi bidang ekonomi, sosial dan budaya". Untuk itu karena betapa penting dan efektifnya media ini maka tak heran Pusat Penyuluhan dan Bantuan Hukum menganggap metode penyuluhan tidak langsung dengan menggunakan media film dianggap cukup efektif dalam meningkatkan kesadaran hukum di masyarakat.

Selain itu Kasub Pengembangan Penyuluhan Hukum Rachmat Abdillah sebagai penanggung jawab pelaksanaan pembuatan film pendek dan dokumenter ini mengatakan bahwa “film dianggap sebagai media paling efektif untuk menyampaikan informasi hukum bagi Masyarakat saat ini sebab film lebih mudah dicerna dan diingat dari pada yang dibaca saja atau hanya didengar saja.” Tak heran dizaman modernisasi dengan mudahnya seseorang mendapatkan informasi maka penyampaian informasi hukum juga harus menyesuaikan zaman diantaranya yaitu melakukan penyebaran informasi hukum melalui bentuk film.

 

Penyebaran informasi hukum atau penyuluhan hukum yang dilakukan oleh Pusat Penyuluhan dan Bantuan Hukum BPHN terus melakukan evaluasi terkait setiap kegiatan yang berhubungan dengan meningkatkan kesadaran hukum di masyarakat. Saat ini melalui beberapa kegiatan seperti Temu Sadar Hukum, Ceramah, Lomba Kadarkum, Pembentukan dan Pembinaan Desa Sadar Hukum, serta Film Penyuluhan Hukum masih terus digalakkan dalam rangka meningkatkan kesadaran hukum dimasyarakat. (RSH/RA)