Legal Smart Channel - Gaya Hidup Cerdas Hukum



Manokwar (30/1) - Menteri Hukum dan  HAM RI, Yasonna H. Laoly, membuka pelatihan paralegal di Papua Barat bagi Pendeta dan tokoh adat di Papua Barat. Kegiatan yang bertempat di Aula Kantor Gubernur Provinsi Papua Barat ini diikuti oleh kurang lebih  200 pendeta dan tokoh adat.
Yasonna hadir sebagai keynote speaker sekaligus membuka kegiatan pelatihan paralegal. Dalam sambutannya, Menteri Hukum dan HAM menyampaikan beberapa hal terkait pentingnya memberikan pelayanan hukum bagi masyarakat yang tidak mampu. Sebagai tokoh adat dan Pendeta harus mampu membantu jemaat dan masyarakat yang mempunyai masalah dengan hukum. Karena hal ini banyak terjadi khususnya di daerah Papua Barat. Yasonna menegaskan bahwa berdoa dan bersabar tidak cukup menyelesaikan permasalahan untuk itu harus dibantu secara tindakan nyata.

Kementerian Hukum dan HAM saat ini sedang menyiapkan kembali draft permenkumham yang berkaitan dengan paralegal. Permenkumham tentang Paralegal sebelumnya sudah disusun namun digugat oleh beberapa pengacara. Kedepannya pemerintah akan meningkatkan kualitas Paralegal untuk memberikan probono. Pemerintah juga akan memberikan penghargaan kepada lembaga sosial yang memberikan probono.

Hukum di Indonesia yang kerap dinilai berbanding terbalik dengan status sosial masyarakat yang diibaratkan dengan mata pisau, tajam ke bawah namun tumpul ke atas, membuat peningkatan kapasitas Paralegal melalui pelatihan-pelatihan menjadi penting sehingga standar kompetensi sebagai seorang Paralegal terpenuhi.

Keberadaan Paralegal juga didukung dengan adanya Undang-undang Desa. Di mana anggaran dana desa yang begitu banyak dapat dialokasikan untuk penguatan dan penyadaran hukum bagi masyarakat.  Di sinilah Paralegal mempunyai peranan penting untuk membangun masyarakat yang sadar hukum.

Di akhir sesi Menteri Hukum dan HAM memberikan motivasi kepada semua peserta pelatihan. Bahwasanya Paralegal nanti akan mendapatkan bayaran yang besar di syurga, karena telah menolong umat dari ketidakadilan. Beliau juga mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pemerintah daerah Provinsi Papua Barat yang telah bekerjasama dengan baik dan banyak membantu Kemenkumham khususnya di Papua Barat.

“Injil telah membawa terang, suka dan cita untuk bumi Papua. Mari berdoa agar Papua menjadi berkat untuk Indonesia dan semakin terang, terang dan lebih terang “ ucap Menteri Hukum dan HAM di akhir sambutannya.  (Humas_KumhamPabar)