Legal Smart Channel - Gaya Hidup Cerdas Hukum



lsc.bphn.go.id - Dengan dikeluarkannya Keputusan Menteri Hukum dan HAM tentang Pemberi Bantuan Hukum yang Lulus Verifikasi dan Akreditasi sebagai Pemberi Bantuan Hukum Periode Tahun 2019 s.d. 2021 pada akhir Desember 2018 yang lalu, LBH Bethel Indonesia mengundang Badan Pembinaan Hukum Nasional dalam Kegiatan Sosialisasi Terkait Implementasi Akreditasi Bantuan Hukum Periode Tahun 2019-2021 dalam hal pelayanan Bantuan Hukum oleh Organisasi Bantuan Hukum yang telah lolos Verifikasi dan Akreditasi di Graha Bethel,Jakarta Pusat (25/01).

Dalam kesempatan tersebut, BPHN yang diwakili oleh Penyuluh Hukum Pertama Indah Rahayu dan Bernita Sinurat menyampaikan beberapa hal terkait pelaksanaan program Bantuan Hukum khususnya terkait kualitas layanan Bantuan Hukum. Hasil verifikasi dan akreditasi yang telah dilaksanakan pada Tahun 2018 menjadi evaluasi bagi BPHN dalam penyelenggaraan Program Bantuan Hukum, sehingga kedepan dokumen-dokumen persyaratan reimburse yang diajukan oleh Pemberi Bantuan Hukum akan turut menjadi perhatian. “Prestasi maupun pelanggaran yang dilakukan oleh Pemberi Bantuan Hukum dalam satu periode akan menjadi bahan pertimbangan dalam perpanjangan sertifikasi di periode mendatang”, ungkap Indah Rahayu. Pentingnya menjaga kualitas dan informasi kewajiban Pemberi Bantuan Hukum untuk menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan paralegal serta pelaksanaan pro bono juga menjadi salah satu hal yang disampaikan dalam kesempatan tersebut.

Selain mengenai kualitas layanan Bantuan Hukum, BPHN juga menyampaikan pentingnya manajemen administrasi yang baik dalam internal Pemberi Bantuan Hukum. “Jangan sampai ketidaktertiban administrasi dan ketidaktahuan terhadap sistem reimburse menjadi kendala dalam pelaksanaan Bantuan Hukum”, ungkap Bernita Sinurat dalam paparannya.

Kegiatan ini dihadiri oleh anggota LBH Bethel baik dari unsur advokat maupun Paralegal serta perwakilan Panitia Pengawas Daerah Bantuan Hukum dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta. Sebagai Pemberi Bantuan Hukum yang baru bergabung, LBH Bethel sangat mengapresiasi pemaparan yang disampaikan dengan harapan dapat memberikan pelayanan maksimal bagi klien dan meningkatkan status akreditasi pada periode mendatang. (IR/BS)