Legal Smart Channel - Gaya Hidup Cerdas Hukum



Jakarta-BPHN, Badan Pembinaan Hukum Nasional menerima kunjungan dari mahasiswa Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta pada Rabu (29/8) pagi. Kurang lebih terdapat 200 mahasiswa IAIN beserta dosen ikut serta dalam kunjungan yang bertempat di Aula Kantor BPHN, Jakarta Timur ini. Kunjungan ini diawali dengan penayangan film pendek mengenai penyuluhan dan bantuan hukum yang merupakan salah satu tugas dari BPHN. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Pusat Penyuluhan dan Bantuan Hukum, Djoko Pudjiraharjo, S.H., M. Hum dan juga  perwakilan dari IAIN yang diwakili oleh Masjupri, S.H., M.Hum., selaku Ketua Jurusan Fakultas Hukum Ekonomi Syariah IAIN.

 

‌Kunjungan ini merupakan salah satu program Kuliah Kerja Lapangan (KKL) yang bertujuan untuk mendapatkan wawasan mengenai penyuluhan dan bantuan hukum secara langsung dari BPHN.  Dalam kegiatan ini terdapat pemaparan materi dan diskusi dari setiap bagian Pusat Penyuluhan dan Bantuan Hukum yang disampaikan oleh Sumarno, S.H., M.Hum selaku Kepala Bidang Pembudayaan Hukum, Supriyanto, S.H., M.H., selaku Kepala Bidang Penyuluhan Hukum dan Masan Nurpian, S.H. selaku Kepala Subbidang Program Bantuan Hukum. Pemaparan materi dan diskusi tersebut dilaksanakan setelah pertukaran cenderamata dari pihak BPHN dengan IAIN sebagai tanda tali silahturahim antara keduanya.

 

Masjupri, S.H., M.Hum., mengatakan “Kami sangat senang sekali karena respon daripada BPHN ini terkait dengan kehadiran kami sangat luar biasa. Alasan kami memilih BPHN sebagai tempat KKL mahasiswa IAIN ini karena memang basicnya mahasiswa kami adalah mahasiswa yang mengkaji hukum. Baik hukum islam dan hukum positif, kami rasa tempat ini tempat yang paling pas untuk kita tuju sebagai tempat mahasiswa kami untuk mendapatkan wawasan pembinaan hukum dan penyuluhan hukum. Tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri namun kita juga bisa memberikan bimbingan penyuluhan kepada masyarakat umum.” (Aji/Humas)