Legal Smart Channel - Gaya Hidup Cerdas Hukum



Setiap tahunnya, tanggal 26 Maret merupakan Hari Kekayaan Intelektual (HKI) yang diperingati di seluruh dunia. Terkait itu, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) pada tahun ini mengusung tema nasional "Generasi Indonesia yang Inovatif, Kreatif, dan Berkarakter".

Menurut Kepala Sub Bagian Humas DJKI Irma Mariana, tema yang diangkat tersebut menunjukkan bahwa Indonesia menyadari perkembangan ekonomi global yang berbasis pengetahuan dan inovasi, di mana kedua hal itu juga merupakan mesin pertumbuhan ekonomi yang utama terjadi di beberapa negara luar.

“Oleh karena itu, Indonesia menjadi negara yang mendukung kemajuan dan perkembangan inovasi dan teknologi sebagai sarana untuk mempermudah kemajuan Kekayaan Intelektual di Indonesia,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (26/4/2018).

Irma menambahkan, Kemenkumham juga telah menggagas dan meluncurkan layanan online KI e-Casaka dengan slogan "PASTI Paten", yakni memberikan layanan yang PASTI, Prima, Aman, Terukur, Efektif, dan No pungli, terhadap pelindungan cipta, karsa, dan karya intelektual di Indonesia.

Selain itu, DJKI Kemenkumham juga telah menerapkan sistem pendaftaran KI secara online yakni e-filing, untuk pendaftaran Paten, Merek, dan Desain Industri, termasuk sistem online perpanjangan Merek dan pencatatan Ciptaan dengan dual mode (baik itu secara manual maupun automotic approval).

Di samping itu, untuk sertifikat Paten, Merek, dan Desain industri telah diterapkan digital signing dengan sistem barcode.

“Pelayanan di bidang Kekayaan Intelektual menjadi hal yang perlu diperhatikan. Sebab, kemudahan akses informasi terkait teknologi menjadi salah satu faktor yang dapat mendorong pengembangan teknologi di suatu negara untuk bersaing di pasar global,” ujar Irma.

Dalam kegiatan tersebut juga di pamerkan hasil kreativitas anak bangsa dari berbagai Provinsi di Indonesia dan juga hasil inovasi di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM. Dalam hal ini Badan Pembinaan Hukum Nasional menampilkan aplikasi Sidbankum yang telah mendapatkan predikan Top 99 Inovation pada tahun 2017 oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi serta juga menampilkan Aplikasi Legal Smart Channel dan Luhkum.bphn.go.id. ***(RA - Sumber JPP.GO.ID)