Legal Smart Channel - Gaya Hidup Cerdas Hukum

  • 9 Februari 2017

    rubadi

    dimana alamat bphn dikalimantan timur?

  • 2 Februari 2017

    axel

    apakah surat wasiat almarhum yg dibuat sebelum meninggal tp tidak terdaftar bisa dianggap sah secara hukum?mengingat ahli waris yg tercantum di surat wasiat adalah istri dan anak almarhum yg menikah secara agama.

  • 24 Februari 2017

    Antonius Barus

    Bagaimana dengan konsumen yang mengalami keterlambatan angsuran di bank. selalu mendapatkan ancaman lelang... bagaimana sebenarnya prosedur agar bank tidak semena mena dalam memperlakukan nasabah yang mengalami keterlambatan dalam pembayaran angsuran.

  • 16 Februari 2017

    Badi

    Bagaimana apabila pembiayaan menarik unit kendaraan tanpa Sertifikat Fidusia,dan hanya memakai surat tugas dari pembiayaanya tersebut?

  • 22 Februari 2017

    Abdul

    Fatimah malik ar'asy...ayah fatimah adalah keluarga saud.keluarga saud adalah keluarga kerajaan saudi arabia.raja saudi arabia juga dari keluarga saud.....fatimah nikah di istana bogor....ada yang memalsu fatimah serta mengambil harta dan hak haknya......fatimah di rampok lalu suaminya hasan di bawA lari oleh para perampok itu selama 4 tahun.saat di temukan hasan telah tewas di mutilasi oleh para perampok itu..2,5 tAhun setelah hasan di kubur ada orang yang mengaku sebagai hasan lalu di sahihkan secara sepihak oleh keluarga hasan.tapi fatimah tidak percaya.fAtimah tetap yakin hasan yang dulu di kubur adalah hasan yang asli.fatimah lalu malah kabur dAri rumah selama 25 tahun...ternyata keluarga hasan jahat.mereka ternyata memunculkan hasan palsu untuk mengambil harta fAtimah yang di bekukan jepang tahun 1942 dan untuk mengambil rumah/tanah fatimah.......Saya sangat berharap agar keturunan fatimah dapat di pertemukan dengan raja saudi arabia yang akan datang ke indonesia pada 1 maret nanti.yang menyusun agenda dan acara beliau selama di indonesia adalah kementrian luar negeri.jadi saya harap bantuan saudara2 agar mendesak pihak kemlu agar mempertemukan keturunan fatimah dengan raja saudi arabia...kasus fatimah sudah di laporkan pada un indonesia,hrwg indonesia,kemlu,kepolisian dan sedang di proses di komnasham,komsi 2 DPR RI DLL.contoh DNA keturunan fatimah juga ada pada komnasham,DPR RI DLL...trims...kAsusnya fatimah dapat di lihat di http://www.abdulmalikcipinang.wordpress.com selain itu saya juga butuh bantuan dana untuk kasus fatimah.dapat di kirim ke alamat fatimah yang tertulis di web.trims..

  • 20 Februari 2017

    arti

    apakah warisan anak angkat dapat memperoleh waris

  • 10 Februari 2017

    Khadori

    apakah benar adalah modus belaka tentang pembukaan lahan-lahan perkebunan kelapa sawit,thx

  • 28 Februari 2017

    nadya ekaliztya

    saya bermaksud bercerai karena ada orang ke 3 dari pihak suami. tapi sertifikat tanah atas nama saya status hibah dari ibu saya diagunkan ke bank oleh suami saya. pertanyaan saya, apakah saya bisa menuntut sertifikat itu kembali ke tangan saya? mengingat suami saya mengancam jika saya ingin bercerai maka saya yang harus melunasi sisa angsurannya. terimakasih

  • 28 Januari 2017

    darren sunaryo

    Selamat malam pak, Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca pertanyaan saya. Pada beberapa tahun lalu saya melakukan transaksi penjualan tanah. setelah deal harga pihak pembeli mengajukan perjanjian (selanjutnya disebut perjanjian A) jika pada tanggal yang disepakati, pihak yang tidak menandatangi Akta Jual Beli (AJB) akan dikenakan denda dengan nominal tertentu. pada hari H. kami ke notaris yang sudah disepakati sebelumnya dan kami melakukan proses jual beli. pada saat itu pihak pembeli mengosongkan data pembeli dengan alasan akan diatas namakan anaknya yg pada saat itu masih berada di luar kota. tapi proses jual beli tetap berlangsung dan dikarenakan ada perjanjian A. saya menerima uang hasil penjualan tanah tersebut. dan 1 minggu kemudian anak dari pihak pembeli datang dan menyelesaikan pembuatan AJB tanpa kehadiran saya. pada waktu itu saya berfikir saya menjual tanah dan saya tetap menerima uang hasil penjualan. sehingga tidak masalah jika pembeli saya akan mengatasnamakan tanah itu kepada anaknya atau siapapun. masalah terjadi ketika harga tanah naik dan ternyata uang pembelian tanah tersebut bukan merupakan uang pembeli sendiri, tapi juga uang salah satu saudara dari pembeli. dan sekarang pihak pembeli tersebut diperkarakan ke ranah hukum untuk pidana penggelapan uang (untuk pembelian tanah saya). sedangkan anak dari pihak pembeli tadi sekarang menuduh saya melakukan pemberian keterangan palsu dalam akta otentik. dan saat ini notaris yang melakukan AJB juga sudah meninggal dunia. menurut bapak bagaimana kedudukan saya dalam kasus ini? Semoga bapak dapat menjawab pertanyaan saya.

  • 22 Januari 2017

    sintia

    terimakasih atas jawaban sebelumnya, saya telah berhasil menemukan peraturan menteri hukum dan ham no 35 tahun 2015 tentang tata cara penegasan status kewarganegaraan republik indonesia bagi warga negara indonesia keturunan asing yang tidak mempunyai dokumen kewarganegaraan, namun dalam peraturan tersebut saya tidak menemukan penjelasan pasal demi pasal, apakah memang dalam peraturan menteri hukum dan ham tidak mencantumkan penjelasan pasal? terimakasih.