Legal Smart Channel - Gaya Hidup Cerdas Hukum

  • 2 April 2017

    Lidya

    Malam, saya ada masalah dlm membuat passport anak saya d mana pihak imigrasi menolak karn saya tdk melampirkan surat hak asuh anak dimana sya sudah bercerai dan menikah kembali, sdgkan saya gak mgkin minta surat keterangan dari ex suami saya (krn dia sdh ga tau lagi d mana dan lepas tanggung jwb trhdp anak saya) apa saya hrs buat surat hak asuh anak? Wlw pun sbenarnya memang tdk ada perebutan anak toh ayah nya sdh lepas bgtu saja. Trima kasih

  • 28 Maret 2017

    MuhammadRidwan

    Asallammuailaikum. Pak /ibu yang sy hormati pada kesempatan ini sy ingin konsultasi tentang warisan ibu sy karti yg sdh 2 th meninggal dan sdh 4 thn bercerai dg bpk sy sunardi jd kisah rumah tangga ibu sebelum menikah dg p.sunardi sudah memiliki rumah seluas 73 mtr hasil pernikahan sebelum y tp becerai dan ibu sy diberikan rmh trsbt brcerai krn tdk dikarunia anak menikah kembali dg p.sunar duda memiliki 4 orang anak dan dikarunia anak sy ridwan ,dan status surat rumah atas nama ibu sy mutlak sepeninggal ibu sy surat rumah dan arsip tentang ibu sy ditahan oleh kakak tiri sy dan sy sdh melakukan bebagai cara untuk mendapatkan surat trsbt sedangkan blm ada surat ketetapan waris karena surat tsbt ditahan sy dan bekerjasama dgn rt dan rw serempat kakak tiri sy untuk menghalahi agar sy mengurus surat dan harta waris ibu sy mereka beralibi klo ibu sy memberi amanah untuk dibagi harta waris sedangkan sy tidak diundang dan tdk ada surat wasiat /hibah yg menguatkan alibiwreka jalan apa yg harus sy tempuh lagi pak/ibu klo ke pengadilan agama bth biaya besar tdk sdngkn hidup sy numpang mertua dan berpendapatan pas-pasan trmksh dan minta respon y secepat y

  • 26 Maret 2017

    wijaya

    awalnya saya punya teman namanya M..si m ini memberikan saya 2 ekor anjing untuk dipelihara selanjutnya 2 anjing itu dipelihara oleh kedua orang tua saya yg berada di semarang..sedangkan saya berada di jakarta untuk bekerja.. selang berapa lama 1 anjing kabur entah kemana padahal sudah dicari kemana mana tidak ketemu nah gak berapa lama org tua saya mau pindah ke jkt..anjingnya di titipkan ke kakak saya yg ada disemarang.. (karna waktu pindah rumah tempat angkut nya tidak cukup) kebetulan semarang hujan lebat hingga banjir..terpaksa anjing ini di titipkan pada teman kakak saya.. saat di titipkan ini anjing menggigit anak dari teman kakak saya tsb..akhirnya dibiarkanlah ini anjing maunya apa.. selang berapa hari si pemilik anjing pertama mengontak saya lewat bbm dan langsung memaki saya tanpa ada putusnya..semua kata" kasar dia keluarkan..padahal saya belum menjelaskan apapun..ternyata anjing itu ditemukan di klinik dalam keadaan luka dan sakit.. tentu saya tidak merespon makian teman saya tsb.. 2hari kemudian saya membaca di facebook dia menuliskan kalau saya menipu dia,dll sampai-sampai foto saya dan keluarga dipasang di facebook intuk di share.. parahnya lagi banyak komentar yg menghasut wanita ini.. apakah yg harus saya lakukan? jujur saya tidak terima dengan tuduhan penipuan dan caci maki dia di bbm maupun di facebook..

  • 23 Maret 2017

    azanir

    pak saya mohon penjelasan dan percerahan untuk masalah saya. saya ada memasarkan melalui agent properti satu unit apartemen yg masih dalam tahap pembangunan. Agent properti tersebut memiliki calon pembeli unit saya. saya ketemu dengan agent tersebut di notaris dan menandatangani surat PPJB atas dasar percaya walapupun belum ada Uang transfer. Agent beralasan akan membawa ppjb tersebut ke calon pembeli dan akan kembali dengan dengan uang pembayaran atau bukti transfer. tetapi setelah 4 jam menunggu tidak datang juga dan tidak bisa ditelepon. Saat di sms beralasan bahwa permbelian batal dengan alasan yang kurang jelas. saya meminta untuk dikembalikan ppjb yang sudah saya tandatangani , tetapi agent tersebut tidak berniat membalikan dan beralasan sudah harus pergi ke luar kota. saya sekarang dalam keadaan bingung dan takut. apakah ppjb yang sudah saya tanda tangani bisa di salah gunakan? karena saya degar dari temen2 saya kalau ada sindikat yang biasa melakukan seperti ni dan menggunakan / memalsukan dokumen2 lain seperti sp untuk dijual kembali ke calon pembeli, sehingga kedepanya tanah saya menjadi tanah sengketa. dan apakah saya harus lapor masalah ini ke polisi? tolong bantuanya Terimakasih, azanir

  • 16 Maret 2017

    Glenn Dio

    Pasal 113 UU No.28 tahun 2014 Delik Formil atau Materiil? Yang dimaksud Pembajakan itu apa? Terus dalam Pasal 113 ayat 4 yang dimaksud penggunaan komersial secara luas itu apa? Terus dalam Pasal 113 yang dimaksud penggunaan secara komersial itu apa sih? batasannya apa sih? Pasal 1 angka 28 dibilang setiap orang adalah perorangan atau badan hukum, terus bisa gak korporasi dikenain ketentuan pidana UU No.28 tahun 2014?

  • 13 Maret 2017

    Dita Pambudi Widiatmoko

    Salam hormat. Saya mengambil KPR di salah satu perumahan di Bekasi dan saat ini sudah berjalan 4 tahun. Selama 4 tahun, saya hanya diberikan kontrak KPR saya dengan pihak bank oleh pengembang tanpa diberikan salinan AJB. saya baru menerima salinan AJB setelah ketua RT saya minta ke pengembang unutk oengurusan balik nama PBB, dan disitu saya baru mengetahui bahwa AJB saya terdapat kesalahan penulisan nomor rumah di AJB tsb. Yang ingin saya tanyakan 1. Apakah kesalahan pada AJB juga terjadi pada sertifikat kepemilikan rumah? 2. Jika sertifikat kepemilikan rumah juga terjadi kesalahan alamat, langkah apa yang harus saya lakukan untuk memperbaiki sertifikat rumah dan AJB? Mohon pencerahan dan arahannya, bantuan dari bapak dan atau ibu sangat saya harapkan, sekian dan terimakasih.

  • 4 Maret 2017

    win widarti

    Bagaimanakah pemaknaan dari unsur pasal 10 UU PPTPPU "...turut serta melakukan percobaan, pembantuan, atau Permufakatan Jahat..." ? Apakah yg dimaksud adalah turut serta dalam percobaan, turut serta dalam pembantuan, dan turut serta dalam permufakatan jahat? Atau seperti apa? Dan bagaimana penjelasannya mengenai makna dari unsur-unsur tersebut? Menurut saya makna dari pasal 10 sulit untuk dimengerti. Mohon bantuannya, terimakasih.

  • 9 Februari 2017

    rubadi

    dimana alamat bphn dikalimantan timur?

  • 2 Februari 2017

    axel

    apakah surat wasiat almarhum yg dibuat sebelum meninggal tp tidak terdaftar bisa dianggap sah secara hukum?mengingat ahli waris yg tercantum di surat wasiat adalah istri dan anak almarhum yg menikah secara agama.

  • 24 Februari 2017

    Antonius Barus

    Bagaimana dengan konsumen yang mengalami keterlambatan angsuran di bank. selalu mendapatkan ancaman lelang... bagaimana sebenarnya prosedur agar bank tidak semena mena dalam memperlakukan nasabah yang mengalami keterlambatan dalam pembayaran angsuran.