Legal Smart Channel - Gaya Hidup Cerdas Hukum


    Dimana keadilan hukum Di Indonesia…?


    Seperti judulnya kita tau bahwa keadilan hukum di Indonesia itu gimana.
    w Yang pertama kita harus tahu dulu  apa itu keadilan,hukum dan Indonesia…!!!
                   
     
                Ya yang pertama keadilan , keadilan kalau menurut saya merupakan pemberian sesuatu kepada orang secara merata, seperti misalnya dua orang adik dan kakak yang meminta uang pada ibunya , pasti ibu itu akan bersifat adil kepada anaknya dengan cara memberikan keduanya uang secara rata atau sama. Sedangan kalau menurut dari refrensi  Keadilan adalah kondisi kebenaran ideal secara moral mengenai sesuatu hal, baik menyangkut benda atau orang. Menurut sebagian besar teori, keadilan memiliki tingkat kepentingan yang besar. John Rawls, filsuf Amerika Serikat yang dianggap salah satu filsuf politik terkemuka abad ke-20, menyatakan bahwa "Keadilan adalah kelebihan (virtue) pertama dari institusi sosial, sebagaimana halnya kebenaran pada sistem pemikiran" [1]. Tapi, menurut kebanyakan teori juga, keadilan belum lagi tercapai: "Kita tidak hidup di dunia yang adil" [2]. Kebanyakan orang percaya bahwa ketidakadilan harus dilawan dan dihukum, dan banyak gerakan sosial dan politis di seluruh dunia yang berjuang menegakkan keadilan. Tapi, banyaknya jumlah dan variasi teori keadilan memberikan pemikiran bahwa tidak jelas apa yang dituntut dari keadilan dan realita ketidakadilan, karena definisi apakah keadilan itu sendiri tidak jelas. keadilan intinya adalah meletakkan segala sesuatunya pada tempatnya. (dikutip dari Wikipedia)
                   
     
                    Yang kedua hukum , hukum itu apa..? , mmm,, kalau menurut saya hukum adalah suatu cara atau hukuman kepada setiap orang yang melakukan pelanggaran terhadap aturan yang sudah di buat. Seperti halnya Di sekolah jika ada siswa yang melanggar hukum maka akan mendapat hukuman oleh gurunya, seperti jika terlambat masuk sekolah,bolos,melanggar aturan sekolah.             Sedangkan menurut refrensi  Hukum  adalah sistem yang terpenting dalam pelaksanaan atas rangkaian kekuasaan kelembagaan.  dari bentuk penyalahgunaan kekuasaan dalam bidang politik, ekonomi dan masyarakat dalam berbagai cara dan bertindak, sebagai perantara utama dalam hubungan sosial antar masyarakat terhadap kriminalisasi dalam hukum pidana, hukum pidana yang berupayakan cara negara dapat menuntut pelaku dalam konstitusi hukum menyediakan kerangka kerja bagi penciptaan hukum, perlindungan hak asasi manusia dan memperluas kekuasaan politik serta cara perwakilan mereka yang akan dipilih. Administratif hukum digunakan untuk meninjau kembali keputusan dari pemerintah, sementara hukum internasional mengatur persoalan antara berdaulat negara dalam kegiatan mulai dari perdagangan lingkungan peraturan atau tindakan militer. filsuf Aristotle menyatakan bahwa "Sebuah supremasi hukum akan jauh lebih baik dari pada dibandingkan dengan peraturan tirani yang merajalela.(dikutip dari Wikipedia)
                    Dan yang terakhir, Indonesia, Apa itu Indonesia??,, mungkin semua dari kita sudah tau apa itu Indonesia , apalagi kalau penduduk asli Indonesia, kalau sampe ndk tau kelewatan haha janga jadi oorang Indonesia lah., ya ,, kalau munurut saya Indonesia itu merupakan kumpulan dari bebrapa pulau-pulau yang terdiri dari pulau ,Sumatra,jawa,Kalimantan,Sulawesi,irianjaya. Dan merupakan pulau dengan kekayaan alam yang melimpah di dunia,, hehe, Merdekaaa…..!!!!.
     
                    Oke sekarang coba kita satukan pengertian dari kalimat yang tiga tadi, yaitu keadilan,hukum dan Indonesia. Jadi menurut saya keadilan hukum Indonesia itu merupakan tanggung jawab semua warga dan masyarakat Indonesia dalam melaksanaka prilaku adil kepada sesama san semua orang , dan taat kepada hukum Negara maupun hukum adat istiadat yang ada di neagara Indonesia ini.
     
                    Mmm, dan sekarang kita sudah dapat kesimpulannya , tapi kita lihat dulu gimana sih keadilah hukum di Indonesia sekarang ini apakah sudah seperti yang di harapkan atau malah sebaliknya . Hukum di Indonesia saat sekarang ini sedang kacau dan sangat kacau, bagaimana tidak sekarang di Indonesia banyak yang melanggar hukum tapi hanya sebagian yang di hukum. Dan diantara yang banyak itu berasal dari berbagai profesi. Sekarang banyak pemimpin yang  melanggar hukumnya sendiri  dan kenapa hukumannya tidak seberat seperti rakyatnya sedangakan dia itu seorang pemimpin yang diikuti oleh rakyatnya , sedangkan jika rakyatnya yang melanggar hukum , mereka tidak segan-segan memberiakan hukuman yang  tidak sesuai dengan pelanggaran yang dilakukannya.  Seperti yang kita lihat di tayangan televisi, seorang nenek yang mencari kayu bakar di tangkap petugas karena mengambil kayu bakar dari kebun milik dirinya sendiri dan dia diberi hukuman penjara.  Kan tidak wajar masa karena mungutin kayu bakar di kebun warga aja sampe masuk penjara , bukanya itu kurang ajar ,nenek  yang sudah tua seperti itu sampe tega di hukum bukanya malah di kasihani.
              
          Berbeda dengan yang  terjadi pada pemimpin Seperti di televisi , Seorang pejabat terllibat kasus pelanggaran hukum “korupsi” dan menghabiskan uang rakyat hingga miliyaran dan akan di lakukan penyeidikan oleh pihak kpk. Wahh,, kalu gilirannya pejabat , kok nggk langsung di hukum maah pake periksa-periksa segala , kan udah jelas-jelas melanggar hukum , langsung aja di hukum. Nggak kaya nenek yang tadi , baru ditau ambil kayu udah masuk penjara,,, waduuuhh Gimana Nihh Hukum Di Indonesia ..   Sudah Adilkah…? Apakah penegak hukumnya yang tidak becus , ataukah hukumnya yang perlu di atur ..?  
    Oke sekarang mari kita lihat cuplikan video DI BAWAH INI…
     
     
                                                                  
    Nah seperti itulah sekarang keadilan hukum di indonesia,, dan sekarang kita sudah tau bersama bahwa keadilan hukum di indonesia masih jauh dari yang di harapkan. 
     
             Untuk itu mari Mulai dari sekarang kita bersama-sama untuk membangun hukum indonesia yang adil dengan cara selalu berlaku adil terhadap sesama dan selalu taat pada hukum di indonesia.
     
    # Salah Satu Peserta Festival Film dan Blog Budaya Hukum Tahun 2105